Resolusi Kesehatan Tahun 2019; Mulailah Dari Hal Yang Kecil

resolusi kesehatan

 

Memulai tahun baru menjadi momen yang tepat untuk mengubah gaya hidup Anda demi menjaga kesehatan mental maupun tubuh.

Resolusi kesehatan bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti dilansir Mirror, Selasa (1/1), berikut ini:

  1. Makan dalam waktu 12 jam

Pelatih kesehatan holistik di feelglorious.com Jules Anderson mengatakan, “Bahkan jika Anda tidak mengubah APA yang Anda makan, hanya mengubah KAPAN Anda makan dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan Anda.”

“Jam tubuh kita bekerja dalam siklus harian 24 jam sehingga, pada malam hari, ketika tubuh kita beristirahat, sejumlah perbaikan dan regenerasi tengah berlangsung. Jika kita tidak memberikan tubuh kita cukup waktu untuk melakukannya, maka kotoran tubuh tinggal dalam sistem tubuh, yang menyebabkan peradangan, dan pada akhirnya, penyakit seperti kanker. Penelitian ilmiah menyarankan agar tidak makan setidaknya 12 jam untuk memungkinkan hal ini. Jadi, jika Anda sarapan pada pukul 8 pagi, hindari makan setelah pukul 8 malam,” ungkapnya.

  1. “Turbo-charge” saat Anda memasak

Simpan kunyit di sebelah garam dan merica Anda, dan biasakan menambahkannya ke apa pun yang Anda masak, saran Suzy Glaskie, pendiri Peppermint Wellness.

Dia mengatakan, “Kunyit adalah salah satu zat paling anti-inflamasi di planet ini dan telah terbukti membantu melindungi Anda dari sejumlah kondisi kesehatan.”

  1. Letakkan tanaman lidah mertua di sebelah meja tempat tidur

“Mereka terlihat bagus, cantik—sangat tidak bisa dihancurkan dan memberikan—dorongan psikologis. Penelitian NASA juga menunjukkan bahwa mereka sangat efekti membersihkan udara di rumah Anda dair bahan kimia beracun,” ungkap Suzy.

  1. Kalahkan ngidam

“Ngidam berlangsung sekitar 15 menit. Ketika Anda merasa memegang sesuatu, atur penunjuk waktu pada ponsel selama 7,5 menit dan pergilah jalan-jalan. Saat bunyi bip, kembali ke belakang dan pulanglah ke rumah,” ujar Suzy.

  1. Dengarkan musik saat berolahraga

Kegiatan tersebut telah terbukti meningkatkan kinerja, motivasi, dan mengurangi gangguan. Jadi, buatlah daftar lagu yang diputar dengan 100 ketukan per menit, seperti “Sweet Home Alabama”.

  1. Makanlah sesuatu yang hijau setiap hari

“Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kol, dan bok choy dikemas dengan penuh gizi yang mengandung vitamin B esensial, dan Vitamin D dan K. Sayuran tersebut mengandung mineral antara lain kalsium dan zat besi, serat, karotenoid, dan antioksidan,” ujar ahli gizi klinis Beth Morris.

  1. Percayalah pada otak Anda, bukan ponsel Anda

Hapalkan tanggal, arah, nomor telepon, dan instruksi-instruksi yang dapat mengurangi risiko terkena demensia sebesar 33 persen.

  1. Tambahkan kegiatan singkat yang tiba-tiba

Para peneliti dari Canada’s McMaster University menemukan bahwa lonjakan tangga dalam intensitas tinggi selama 20 detik dapat membuat perbedaan dalam kebugaran kardiorespirasi.

  1. Berjalan keluar sebelum sarapan

Jules mengungkapkan,“Sebelum makan, tubuh Anda menggunakan lemak tubuh yang tersimpan untuk energi sehingga Anda akan membakar lemak. Kedua, berada di siang hari hal pertama di pagi hari juga akan meningkatkan suasana hati, gunakan sel-sel otak dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.”

“Terakhir, di musim dingin, udara dingin merangsang sel-sel lemak Anda mengubah lemak putih yang kurang sehat (lemak lebih lembek yang menyimpan racun) menjadi lemak coklat (yang merupakan lemak baik yang kita butuhkan untuk energi dan tetap hangat,” ujarnya.

  1. Bedakan kudapan dan suguhan

Ahli gizi Fiona hunter berkata, “Kudapan sehat seharusnya menyediakan sesuatu yang berbeda selain dari sekadar kalori—jadi seperti protein, serat, vitamin, atau mineral. Kacang dari semua varietas adalah pilihan yang cocok seperti yoghurt, buah, atau kue gandum,”

  1. Praktikkan aturan 2/30

Semakin banyak siaran TV yang Anda tonton, semakin sedikit aktivitas fisik yang Anda dapatkan, meningkatkan peluang Anda untuk memiliki berat badan berlebih dan terkena diabetes tipe 2. Sebuah penelitian terhadap sekitar 9.000 orang menemukan bahwa mereka yang menonton TV lebih dari dua jam per hari akan lebih banyak minum minuman manis dan makan makanan ringan olahan berkalori tinggi.

  1. Jadilah kreatif

Berjuanglah untuk minum cukup air. Gunakan spidol permanen dan bagilah botol air jernih menjadi 200ml setiap bagian dan minumlah satu bagian setiap jam. Anda akan mencapai keajaiban delapan gelas saat makan malam.

  1. Carilah teman

Jika Anda berolahraga bersama teman, Anda cenderung berolahraga lebih keras dan lebih lama. Memilih pasangan yang dapat mengalahkan Anda, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Psikologi Psychology of Sport and Exercise, akan memacu Anda untuk meningkatkan kinerja Anda hingga 20 persen.

Form Konsultasi

RELATED ARTIKEL