fbpx

MAI Foundation Perwakilan Jawa Barat Salurkan Bantuan Perangkat Alat Instalasi Internet untuk Taman Bacaan Masyarakat Ligar Luang Tasikmalaya

 

MAI News – Tasikmalaya, 04 Maret 2021 MAI Region VI (Perwakilan Jawa Barat) serahkan bantuan Perangkat Alat Instalasi Internet untuk Taman Bacaan Masyarakat Ligar Luang Tasikmalaya.

Kehidupan modern menuntut masyarakat untuk bisa beradaptasi dengan teknologi. Namun, sampai hari ini, belum semua lapisan masyarakat dapat melek teknologi. Salah satunya yang dilaporkan di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya. Daerah tersebut belum terjangkau jaringan internet kabel tembaga maupun Fiber Optic. Pun pada beberapa lokasi, jaringan internet GSM masih belum stabil.

Mandiri Amal Insani (MAI) Jawa Barat bekerja sama dengan Tasik_Yeh.Net berkomitmen untuk memfasilitasi internet di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ligar Luang membantu memfasilitasi masyarakat di Kampung Babakan, Desa Cidugaleun. dengan pengadaan jaringan internet gratis guna menunjang berbagai kegiatan yang membutuhkan koneksi internet.

Manager MAI Perwakilan Jawa Barat, Widad Mu’tashim, menyampaikan bahwa saat ini internet/kuota telah masuk kedalam kategori kebutuhan pokok. Adanya pandemi covid-19 mengharuskan Masyarakat mengalami perubahan dengan signifikan, salahsatunya percepatan dibidang Digitalisasi. Harapannya setelah terpasang jaringan internet, melalui Taman Bacaan Masyarakat Linggar Luang para pelajar, guru-guru serts pelaku UMKM dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Fasilitas jaringan internet ini sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kampung Babakan dan sekitarnya. Selain masyarakat, lembaga dan organisasi lain juga membutuhkan akses jaringan tersebut seperti TBM Ligar Luang, operator sekolah, Karang Taruna HIMMBA (Himpunan Muda-Mudi Babakan), Madrasah Diniyah Al-Hikmah Babakan, SDN Cidugaleun, Kelompok Tani “Mekar Tani” Babakan, dan instansi serta komunitas lainnya di daerah tersebut.

Kegiatan rutin di sana yang membutuhkan akses internet di antaranya kegiatan pembelajaran Paket B, pembelajaran Paket C, bimbingan belajar (bimbel), kegiatan karang taruna, kegiatan kelompok tani, dan pelatihan komputer. Pihak TBM Ligar Luang yang berbasis di Kampung Babakan berharap bantuan dari Mandiri Amal Insani tersebut dapat berdampak positif bagi kemajuan pendidikan dan kegiatan lainnya di Desa Cidugaleun.

“Dikala masa pandemi ini penuh dengan kesulitan mau dari prekonomian ataupun lainnya , pendidikanpun terhambat apalagi di wilayah pelosok bahkan desa kami masuk dalam kreteria desa tertinggal yang mana signal telekomunikasi apapun sangat lah susah ,tapi kami mesti untuk mengikuti pelajaran daring kalaupun signal ada, biaya nya pun lumayan , tapi allhamdulillah berkat bantuan dari MAI anak terbantu orang tua pun tenang,” tutur Faisal Anwar, Pengurus TMB Ligar Luang, yang juga ikut terlibat dalam kegiatan hari itu.

MoU ditandatangi oleh R. Widad Mu’tashim selaku Manajer MAI Perwakilan Jabar (mewakili MAI), Saepuloh selaku pengurus TBM Ligar Luang (mewakili TBM Ligar Luang) dan Faisal Anwar (mewakili Tasik_Yeh.Net) beserta masing-masing saksinya.

RELATED ARTIKEL