Waktu Mustajab Berdoa Menjelang Berbuka Puasa

Banyak orang yang justru menggunakan waktu menjelang buka puasa untuk ngabuburit, jalan-jalan, atau memilih tempat makan. Padahal waktu ini merupakan salah satu waktu terbaik untuk berdoa.

Mengapa demikian? Karena jelang berbuka, kondisi tubuh kita sedang lapar-laparnya, dahaga yang amat, dan inilah momen yang terbaik untuk memohon rahmat Allah.

Kita dianjurkan berdoa untuk kebaikan diri sendiri, kebaikan dunia akhirat, serta kebaikan seluruh umat Islam di dunia.

“Doa (yang mustajab) adalah sebelum/menjelang berbuka yaitu ketika akan terbenam matahari. Karena saat itu terkumpul (sebab-sebab mustajabnya doa) berupa hati yang tunduk dan perasaan rendah (di hadapan Rabb) karena ia berpuasa. Semua sebab ini adalah penyebab doa dikabulkan. Adapun setelah berbuka puasa, badan sudah segar lagi dan nyaman. Bisa jadi ia lalai (akan sebab-sebab mustajab). Akan tetapi terdapat hadits yang seandainya shahih maka doa mustajab itu setelah buka puasa yaitu doa: Dzahabaz dzama’ wabtallail ‘uruq wa tsabatal ajru insyaallah. Maka doa mustajab itu setelah berbuka.” (Liqa-usy Syahriy no. 8 syaikh Al-‘Utsaimin)

Jadi jangan lupa ya Sahabat MAI, berdoa panjang dan khusyu’ jelang berbuka puasa setiap harinya. Semoga hajat terbaik kita dikabulkan oleh Allah. (SH)

RELATED ARTIKEL