Tingkatkan Kualitas, MI Al Bayan Mandiri Susun Rencana Strategis

renstra Bogor – Suara riuh reda murid-murid MI Al Bayan Mandiri, namun di salah satu ruangan, terlihat para guru sedang asyik membicarakan mengenai langkah-langkah strategis untuk membangun sekolah ke depannya. Meskipun sebagian  besar sekolah libur menjelang lebaran, berbeda dengan sekolah binaan Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation ini. Hari libur ini, Minggu, (18/6/2017) dijadikan momentum untuk menyusun Rencana Starategi 2017-2022.

“Kami ingin menyusun rencana strategis untuk lima tahun kedepan,” ungkap Ade Sopian selaku kepala MI Al Bayan Mandiri di sela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut. “Alhamdulilah, semua guru hadir meskipun hari ini adalah hari libur,” tambahnya lagi dengan sumringah.

Target kegiatan ini yaitu  pembuatan SWOT Analysis, Visi Misi 2017-2022, tata nilai, menentukan indikator capaian lima tahun dan menyusun program kerja tahun 2017-2018. Para guru sangat senang  mengikuti kegiatan ini. Mereka semakin memahami arah yang diinginkan sekolah dan merasa memiliki program-program yang akan dijalankan bersama nantinya. Hal ini terlihat dari inisiatif mereka dalam  membuat visualisasi visi dan misi untuk mempermudah dalam menghafalnya. Visualisasi gerakan itu, nantinya akan disosialisasikan kepada seluruh siswa, para orang tua dan komite sekolah.

“Dengan visualisasi gerakan, mempermudah kami dalam menghafal visi dan misi sekolah”, ungkap Dila,  salah seorang guru.

Para guru yang lainpun merasakan hal yang sama, visualisasi mempermudah dalam menghafal visi dan misi sekolah yang seringkali tidak terkomunikasikan dengan baik kepada warga sekolah.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 17-18 Juni 2017 ini dihadiri oleh para guru, kepala sekolah, yayasan, dan tim konsultan pendidikan dari Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation. Hal ini dilakukan sebagai komitmen MAI Foundation dalam meningkatkan kualitas sekolah di Indonesia. (MAI Foundation/Riana)

 

RELATED ARTIKEL