Serunya Pembahasan Galang Dana Era ‘Jaman Now’ di Rakernas MAI Foundation 

MAINews, Sentul – Salah satu pembicara yang hadir pada Rapat Kerja Nasional Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation yang digelar di Desa Gumati, Sabtu-Minggu, (18-19/11/2017), adalah Urip Budiarto (Praktisi Digital Marketing).

Pada pembahasan kali, Urip membagi pengetahuan mengenai ‘Digital Fundraising: Cara Galang Dana Era Jaman Now’.

Fokus Fundraising menurut Urip itu ada 3 yaitu akuisisi donatur, loyalitas donatur, dan efisiensi biaya.

Zakat merupakan aspek kultural bangsa Indonesia di samping kewajiban yang harus ditaati. Kalau dulu media menggunakan surat, televisi, radio, koran, namun di era sekarang gerakan sosial lebih terbuka dengan adanya internet, youtube, dll. Selain itu banyak komunitas sedekah rombongan yang menggerakkan masyarakat membayar ziswaf tanpa harus melalui lembaga.

Pengguna handphone di Indonesia sangat besar hampir sekitar 142%. Bahkan, jumlah pengguna internet mencapai 8 jam 44 menit per harinya. Pengguna whatsapp pun lebih banyak dibanding pengguna BBM. Bahkan, Youtube lebih merajalela ketimbang  tahun yang lalu yang hanya di posisi ke 5 (lima). Malah saat ini, Facebook merupakan kanal fundraising yang bagus.

Jadi, Digital Fundraising adalah aktivitas terpadu dalam meraih donasi via internet dan seluler untuk mengkampanyekan program sosial dan pemberdayaan.

“Jaman now, kampanye sosial menjadi mudah untuk bergerak,” ungkap Urip.

Donasi online melalui crowdfunding platform merupakan salah satu produk digital fundraising. Namun begitu, sebuah lembaga jangan sampai melupakan cara-cara lama dalam melakukan fundraising.

“Digital fundraising harus mencakup lebih luas dan tertarget, lebih cepat dan mudah, lebih efisien dan terukur,” lanjutnya lagi.

Secara kanal, digital fundraising melalui online bisa meliputi iklan, email marketing, blog, vlog, dll.

“Penting sebelum melakukan digital fundaising adalah mengamati platform, tim dan komitmen agar berkelanjutan,” pungkas Urip.

Pembahasan materi terkait Digital Fundraising mendapat sambutan yang baik karena MAI Foundation sedang menuju modern, terpercaya dan rahmatan lil ‘alamiin serta melakukan ekspansi marketing.

“Saya suka materi ini karena berkaitan dengan bagian saya. Apa yang dipaparkan Bapak Urip menambah pengetahuan untuk menerapkan proyek digital fundraising MAI Foundation yang merupakan KPI saya,” Gilang Ramadhan, Bagian Komunikasi MAI Foundation.

RELATED ARTIKEL