Peresmian RSM Semarang Tuai Manfaat Bagi Masyarakat

Peresmian Rumah Sehat Mandiri oleh Pengurus Pusat Mandiri Amal Insani

MAINews, Semarang-Kabar baik lainnya datang dari Jawa Tengah yang kini telah memiliki RSM di Kota Semarang yang beralamat di Jl. Kintelan Baru No. 69 Semarang. Bagi pasien dhuafa rujukan dari luar daerah, kini tak perlu kebingungan mengenai tempat tinggal sementara. Pasalnya, Rumah Sehat Mandiri yang digagas oleh Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation telah diresmikan, Minggu, (3/2/2019).

Rumah Sehat Mandiri (RSM) adalah tempat tinggal sementara bagi pasien dan keluarga pasien yang sedang berobat di RS Karyadi sehingga pasien dan keluarganya mendapat tempat tinggal yang layak. Lokasinya yang berjarak 700 meter dari RS Karyadi tidak menyulitkan bagi pasien dhuafa yang akan singgah di Rumah Sehat Mandiri.

Biasanya bagi pasien yang dirujuk dari luar daerah, biaya hidup menjadi bagian yang perlu diperhitungkan. Maka dari itu, RSM berperan sangat penting bagi masyarakat. Selain diperbolehkan tinggal, para penghuni RSM akan dibekali dengan bimbingan agama dan cara hidup sehat. Bahkan, MAI juga menyediakan makanan sehari-hari.

“Maksud didirikannya RSM bagi kaum dhuafa adalah untuk meringankan biaya pengeluaran. Kami mengetahui bahwa mereka terbebani oleh biaya pengobatan yang harganya mahal, biaya hidup selama menunggu pengobatan di rumah sakit rujukan pun bisa menjadi masalah tersendiri,” ujar Mangatas Simanjuntak, Pengurus MAI Foundation Pusat.

Yang menjadi syarat utama menjadi penghuni RSM diantaranya penerima manfaat harus melampirkan fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, Rekam Medis, Surat Keterangan Tidak Mampu, fotokopi BPJS kelas 3 dan mengisi formulir.

“Pasien dari keluarga tak mampu untuk pengobatan sudah ditanggung BPJS. Tapi untuk biaya hidup, transportasinya menuju rumah sakit, ini yang kami pikirkan. Maka dibangunlah Rumah Sehat Mandiri ini,” kata Pengurus Mandiri Amal Insani Foundation Pusat, Mangatas Simanjuntak usai peresmian Rumah Sehat Mandiri di Kota Semarang.

“Oleh karena itu, fasilitas yang ada di RSM harus dijaga sebaik mungkin karena ini merupakan amanah dari para donatur MAI Foundation untuk menolong saudara kita yang membutuhkan,” tambah Mangatas.

Saat ini, MAI memiliki 5 Rumah Sehat Mandiri; RSM untuk pasien rujukan RS Pusat Jantung Harapan Kita Jakarta, RSM untuk pasien rujukan RS Cipto Mangunkusumo Jakarta,  RSM untuk pasien rujukan RS Hasan Sadikin Bandung, RSM rujukan RS Dr. Kariadi Semarang dan RSM untuk pasien rujukan RSUP Sardjito yang baru diresmikan kemarin di Yogyakarta.

RELATED ARTIKEL