Keanehan Sedekah, Membuat Harta Bertambah

Logika manusia, ketika hartanya diberikan untuk orang lain, pastinya akan makin berkurang jumlahnya. Tapi anehnya, ketika harta tersebut diberikan dalam rangka bersedekah, kok jumlah harta tersisa sering kali malah bertambah. Apa penyebabnya?
“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ [34] : 39)

Ternyata Allah telah berjanji akan mengganti setiap harta yang kita infakkan/ sedekahkan. Terkadang bentuknya bukan berupa harta juga, melainkan dari sisi kesehatan, keselamatan dari marabahaya, keharmonisan keluarga, dan hal lain yang justru lebih mahal nilainya dibandingkan uang.

Bagi mukmin yang meyakini janji Allah, sudah pasti tidak akan lagi ragu dalam bersedekah. Apalagi jika meyakini kebenaran ayat berikut ini:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah. Adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji, Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Allah dapat melipatgandakan ganjaran sedekah hingga 700 kali lipat. Luar biasa! Maka, apakah yang menahan kita dari bersedekah? (SH)

RELATED ARTIKEL