Arakan Khitanan Massal 60 Anak di Temanggung

khitanan massal, temanggungMAINews, Temanggung – Sebanyak 60 siswa SD/MI se-Kabupaten Temanggung mengikuti kegiatan khitan massal di komplek SMK Ezzul Moslem Gondosuli Bulu, Minggu (27/12). Sebelum dikhitan, terlebih dahulu mereka diarak dengan iringan rebana dari halaman balai desa Gondosuli menuju SMK Ezzul Moslem yang jaraknya sekitar 300 meter.

Kegiatan tersebut digelar olehh Yayasan Ezzul Moslem bekerjasama dengan Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation, Kimia Farma dan menghadirkan tim medis dari PKU Muhammadiyah Temanggung. Ketua Panitia Nur Makhsun mengatakan, 60 peserta tersebut tidak hanya warga Kecamatan Bulu saja. Namun juga berasal dari Kecamatan Pringsurat, Kandangan, Kaloran, Kedu dan lainnya. Bahkan, ada yang datang dari Grabag Kabupaten Magelang dan Wonosobo.

“Dengan kegiatan khitan massal ini, saya berharap bisa meningkatkan kualitas generasi muda, membantu mereka yang secara ekonomi belum beruntung dan sekaligus untuk syiar Islam,” ucap Makhsun.

Perwakilan MAI Foundation Chalfinur menuturkan, kegiatan khitan massal digelar di berbagai provinsi. Di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara dan Papua. “Di tahun 2017 ini ada 1900 anak di seluruh Indonesia yang kita khitan,” katanya.

Manajer Bagian Mutu dan Pemasaran (BMP) PKU Muhammadiyah Temanggung Min Adadiyah menuturkan, dalam khitan massal kali ini pihaknya menerjunkan 20 personel, yang terdiri dari tenaga medis, paramedis, apoteker dan petugas lainnya.

“Kami punya komitmen untuk bisa bekerja sama dengan pihak manapun untuk kesehatan dan kesejahteraan umum,” ucapnya. (*)

 

RELATED ARTIKEL