fbpx

MAI Perwakilan Jawa Timur Bersama Peserta Beasiswa Bintang Mandiri Bagikan Makan Gratis Jum’at Berkah di Wilayah Malang

MAI News – Malang, 27 Januari 2023. MAI Perwakilan Jawa Timur Bersama Peserta Beasiswa Bintang Mandiri Bagikan Makan Gratis Jum’at Berkah di Wilayah Malang

Mandiri Amal Insani Perwakilan Jawa Timur bersama Beasiswa Bintang Mandiri (BBM) Selenggarakan Berbagi Nasi Jum’at Berkah di Malang, Jawa Timur. (27/01)

Mengawali Jum’at pertama di bulan Rajab, 1444H Mandiri Amal Insani Perwakilan Jawa Timur bekerjasama dengan Beasiswa Bintang Mandiri menggelar kegiatan Berbagi Nasi Jum’at Berkah di 2 titik tujuan. Berbagi Nasi tersebut dilaksanakan di 2 tempat yang berbeda, yakni Panti Asuhan As-Salaam Shobuur Malang dan Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya Malang.

Pemberian simbolis santunan diberikan oleh Tim MAI Jatim dan Beswan Beasiswa Bintang Mandiri di masing-masing tempat. Selanjutnya pemberian nasi kotak kepada seluruh anak-anak yatim dhuafa yang hadir di Panti Asuhan As-Salaam Shobuur Malang. Untuk lokasi kedua, diletakkan di lemari (tempat makanan) yang ada di Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya, Malang.

“Ini ada sedikit rezeki dari kami, sekalian untuk makan malam. Mohon diterima, Semoga makannya bisa enak juga, karena tubuh butuh energi yang banyak. Semoga bermanfaat”, ungkap Iwan Rudiana selaku Pembina Beasiswa Bintang Mandiri.

Membagi makanan dengan orang lain tidak harus ketika memiliki banyak makanan. Dalam jumlah sedikitpun tidak masalah. Akan berdosa seorang muslim jika merasa perutnya kenyang sementara tetangga atau orang disekitarnya kelaparan.

Anjuran saling memberi makanan kepada orang lain yang membutuhkan tak hanya memiliki makna untuk memberi saja. Lebih dari itu, Rasulullah menyuruh umatnya untuk terus dan saling memperhatikan kondisi tetangganya ataupun orang sekitar yang membutuhkan.

Hal ini bukan berarti untuk ikut campur dalam urusan orang lain, melainkan untuk memastikan bahwa tetangga atau orang terdekat kita memiliki cukup makanan untuk dikonsumsi. Tidak harus makanan utama, bisa juga berupa makanan selingan seperti camilan, snack, ataupun buah.

Dalam sebuah hadits disebutkan, orang yang memberi makanan kepada mereka yang kelaparan termasuk ke dalam golongan orang yang paling mulia.

“Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan.”¬†(HR.¬†Thabrani)

RELATED ARTIKEL