Wujudkan Sekolah Berdaya Mandiri, MAI Ajak MI Al Ma’arif Susun Renstra 

pembinaan sekolah, sekolah, sekolah berdaya

 

MAINews, Magelang – Terkait komitmen meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya pembinaan sekolah dalam Program Sekolah Berdaya Mandiri; Pendidikan Tuntas, Pendidikan Berkualitas di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation bersama Manajemen dan Dewan Guru MI Al Ma’arif Kenalan menyusun rencana strategis sekolasj, Jumat-Sabtu, (10-11/11/2017).

Rencana strategis merupakan acuan yang dibuat oleh sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah. Di dalam rencana strategis tersusun berupa visi, misi, tujuan indikator selama 5 tahun serta program kerja sekolah. Dengan penyusunan rencana strategis, sekolah memiliki pedoman dan target.

“Sebelumnta, MI Al Ma’arif hanya sebatas melaksanakan kegiatan belajar mengajar tanpa membuat target sehingga program berjalan tanpa arah. Dengan pembinaan ini, kami lebih memahami arah dan tujuan sekolah,” ujar Sulasman, Kepala MI Al Ma’arif.

Untuk diketahui, pembuatan rencana strategis sekolah merupakan pembinaan tahap awal yang diberikan MAI Foundation kepada MI Al Ma’arif.

“Kami melakukan pendampingan secara detil dan berkelanjutan agar semua guru dan manajemen sekolah memahami dengan baik apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas sekolahnya,” papar Zainal Umuri, Trainer dan Konsultan Pendidikan untuk MI Al Ma’arif.

Zainal mengungkapkan, di Indonesia ini masih sangat jarang sekolah yang membuat rencana strategis sebagai acuan. Ia pun berharap, semoga dengan langkah ini akan membawa perubahan positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Atas pembinaan ini, guru dan manajemen MI Al Ma’arif merasa bahagia.

“Kami merasa senang mendapatkan pendampingan pembuatan rencana strategis ini. Kami akhirnya memahami arah yang ingin dicapai sekolah. Pembuatan renstra harus dilakukan bersama-sama agar semua guru merasa memiliki rencana ini,” ungkap Pratik, guru kelas 5 MI Ma’arif Kenalan.

 

 

RELATED ARTIKEL