Suburkan Sedekah, Suburkan Rezeki

Manusia merupakan hasil penciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Kesempurnaan yang telah Allah berikan kepada manusia yaitu badan yang dapat dilakukan untuk beraktifitas, otak yang cerdas serta diberi keimanan untuk melakukan ibadah dengan baik. Untuk melakukan semua kegiatan yang nantinya bernilai ibadah, maka manusia juga diberi rezeki. Definisi rezeki merupakan sesuatu yang bermanfaat, berdaya guna bagi makhluk serta dapat dimanfaatkan bagi kehidupan makhluk.

Rezeki disini bukan hanya uang, tapi juga bisa berupa otak yang cerdas, tubuh yang sehat, keimanan kepada Allah yang utuh. Peluang atau waktu dan kemudahan untuk beribadah juga merupakan rezeki yang perlu diakui oleh manusia yang diberikan oleh Allah SWT. Namun di dalam rezeki yang Allah SWT. berikan kepada kita, ada hak-hak atas saudara kita yang harus kita keluarkan dan berikan kepada mereka. Salah satu cara menyalurkan hak-hak mereka yang ada pada rezeki kita yaitu dengan bersedekah.

Sedekah merupakan suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain dengan cara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga dapat diartikan sebagai kebajikan demi mengharap ridho Allah Swt. dan pahala dari Nya. Di dalam Al-Qur’an pun banyak sekali firman Allah SWT. yang menganjurkan dan mengajak untuk bersedekah,

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah SWT. maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar,” (QS. An-Nur: 114).

            Selain mendapatkan keridhaan dan juga pahala dari Allah Swt,sedekah juga memiliki banyak keutamaan-keutamaan. Allah Swt. memberi jaminan kemudahan dalam mendapatkan rezeki bagi orang yang bersedekah. Dimana dalam bersedekah terdapat konsep apabila kita memberi banyak maka Allah akan menggantinya dengan yang lebih banyak. Selain itu Allah SWT. juga sangat menyenangi orang-orang yang berbagi yang membawa kebahagian antar sesama saudara muslim dalam keadaan senang ataupun susah, sehingga Allah juga menjamin kemudahan untuk memasuki surga dari pintu khusus, dan juga diberikan ampunan oleh Allah Swt (QS. Ali Imran: 133-134). (hal).

RELATED ARTIKEL