Sosok Kreatif dan Positif, Abdul Ghofur Penulis Buku Tiga Kunci Fundraising

 

Abdul Ghofur lahir di Jakarta, 15 Desember 1981. Ia menyelesaikan studinya di Fakultas Ekonomi Universitas Jendral Sudirman dengan menyandang predikat memuaskan. Kepekaannya terhadap sisi kemanusiaan terlihat sejak Ghofur masih muda. Sewaktu Sekolah Menengah Pertama di SMP Angkasa 03 Jakarta pernah menjadi aktivis Pramuka, Palang Merah Remaja, Pencak Silat Merah Putih. Pun sewaktu Sekolah Menengah Umum di SMUN 93 (zelga) Jakarta, ia pernah berkecimpung menjadi aktivis Rohis, Pecinta Alam dan Beladiri Taekwondo. Bahkan, saking aktifnya, saat memasuki dunia perkuliahan, Ghofur juga aktif di UKM Unsoed hingga Senat Mahasiswa.

Karir profesional Abdul Ghofur sebagai pengelola lembaga sosial dimulai dari Program MT Dompet Dhuafa Republika tahun 2005. Ghofur menjadi peserta MT yang dinamai Zakat Eksekutif Development Program. Kemudian, Ghofur ditunjuk sebagai Kepala Fundraising Komunitas, Kepala Fundraising Corporate, Kepala Fundraising Retail dan Banking Channel, Pimpinan Cabang Hong Kong yang bertugas membentuk aliasi strategis, kelembagaan, fundraising serta program baik ekonomi, sosial pemberdayaan dan kesehatan.

Setelah kembali ke Indonesia, Ghofur menduduki posisi sebagai Manager Fundraising, General Manager Program Kesehatan, General Manager Lembaga Amil Zakat Tercatat, sekitar kurang lebih 9 tahun mengabdi di Dompet Dhuafa yaitu 3 Tahun Divisi Marketing, 3 Tahun Divisi Program dan 3 Tahun Pimpinan Cabang mengembangkan Kelembagaan, Aliansi Strategis, Marketing dan Program Pemberdayaan. Pada tahun 2015, Abdul Ghofur dipercaya menjadi Direktur Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation hingga sampai saat ini.

Seakan tak pernah kering dari kreativitas, Abdul Ghofur sering mendorong dan menggulirkan ide-ide kreatif dan perubahan dalam mengembangkan lembaga yang diamanahkan. Sosok kreatif dan positif itu kini menulis buku mengenai cara penggalangan dana atau fundraising. Buku yang diberi judul Tiga Kunci Fundraising itu dikemas tak hanya sekadar menampilkan teoritis keilmuan tentang fundraising, namun juga berdasarkan pengalaman nyata yang pernah dilalui selama lebih dari 12 tahun berkecimpung di dunia fundraising.

Pengalamannya dalam melakukan fundraising dari mulai fundraising dana sosial retail, corporate, dana APBD bahkan sampai fundraising dana asing membuat Ghofur berkeinginan untuk membagikan ilmunya. Apalagi buku yang menginspirasi terkait fundraising itu masih sedikit ditemukan. Banyak elemen masyarakat yang juga ingin mengetahui tentang fundraising. Padahal menurutnya, fundraiser adalah ujung tombak sebuah perusahaan atau lembaga dalam meraih kesuksesan atau kemunduran.

Buku ini disusun sederhana. Banyak pemikiran mengenai konsep, model dan pengalaman lain yang tidak tertuliskan. Namun lelaki yang karena kompetensinya mendapatkan certified trainer dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi itu dengan senang hati akan sharing A to Z fundraising tingkat lanjut melalui buku fundraising lanjutan atau forum-forum training/seminar.

RELATED ARTIKEL