Selepas Ramadhan Jangan Sampai Melakukan 5 Hal Ini


Ketika Ramadhan, setiap orang bersemangat untuk melakukan amal ibadah dan amal shalih. Dari mulai shalat Tahajud, shalat Dhuha, sedekah, wakaf, santunan anak yatim, dan lain sebagainya.

Begitu Ramadhan usai, jangan sampai kita melakukan 5 hal ini yaa… Dikhawatirkan Ramadhan kita tak berbekas, dan lebih mengerikan lagi jika ternyata amalan Ramadhan yang kita lakukan tidak diterima oleh Allah dan hanya menyisakan haus dan lapar saja. Nauzubillah min dzalik.
Apa sajakah 5 hal yang dimaksud?
1. Meninggalkan masjidTerutama untuk laki-laki, jadikanlah shalat berjamaah di masjid sebagai kebiasaan tidak hanya di kala Ramadhan.Bahkan saat ada sahabat buta menanyakan bolehkah shalat rumah, Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam menjawab… Apakah ia mendengar suara adzan? Jika ya, penuhilah panggilan tersebut. Bagaimanakah dengan kita yang mempunyai penglihatan sempurna.
“Penuhilah panggilan azan tersebut.” (HR. Muslim, no. 653)
2. Meninggalkan shalat tahajud
Saat Ramadhan, sekalian sahur… Kita mendirikan shalat tahajud. Tapi malah ditinggalkan begitu Ramadhan berlalu. Astaghfirullah.
Wahai ‘Abdullah, janganlah engkau seperti si A. Dulu dia biasa mengerjakan shalat malam, namun sekarang dia tidak mengerjakannya lagi.” (HR. Bukhari, no. 1152)
3. Enggan berpuasa sunah karena sulit menahan keinginan untuk makan sejak hari raya
”Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim, no. 1164)
4. Meninggalkan Al Qur’anSetelah Ramadhan pergi, Al Qur’an kembali menjadi pajangan atau berdebu di rak buku. Astaghfirullah jangan sampai terjadi.
”Wahai Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al-Qur’an ini sesuatu yang tidak diacuhkan.” (QS. Al-Furqan: 30)
5. Melakukan maksiat tanpa takutWaktu Ramadhan, dalam kondisi berpuasa kita bisa menahan segala hawa nafsu dan perbuatan maksiat, lalu begitu Ramadhan usai… Banyak yang tak malu lagi bermaksiat.
”Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al-Isra’: 36).
Pastikan kita menghindari 5 hal tersebut usai Ramadhan ini, semoga Allah menyampaikan kita pada bulan Ramadhan selanjutnya. (SH)
RELATED ARTIKEL