Ramadhan Pembentuk Pribadi Muslim Yang Efektif

                                              Sumber: https://www.teknikhidup.com

Bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki banyak keistimewaan di dalamnya, baik itu keistimewaan dari Allah SWT. dimana bulan ini menjadi bulan penuh rahmat dan juga keistimewaan lainnya. Dikenal sebagai bulan jihad dikarenakan pada bulan Ramadhan umat Islam berjuang untung mengalahkan hawa nafsunya. Pada bulan ini, setiap orang diwajibkan untuk berpuasa yaitu dengan menahan dari makan, minum dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun dari itu semua, tujuan dari menjalankan puasa di bulan Ramadhan hanyalah demi bertakwa kepada Allah SWT.

Melihat perjuangan yang dilakukan seoang muslim pada bulan Ramadhan, maka puasa adalah hal yang paling efektif dalam pembentukan karakter seorang muslim. Dan juga mendorong seseorang untuk bergelar mutqin (orang-orang yang bertakwa). Dimana hal ini telah Allah sampaikan dalam firman-Nya:

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Selain menjaga ruhiyah seorang muslim, puasa juga dapat menjaga kesehatan fisik dari seorang muslim. Bukankah Allah SWT lebih mencintai muslim yang kuat dibandingkan muslim yang lemah? Dan bukankah hal yang paling sulit untuk dilawan di dunia adalah hawa nafsu? Semua pertanyaan ini dapat dijawab dengan puasa. Karena saat puasa terkhususnya saat Ramadhan, seluruh umat islam di dunia ini memiliki frekuensi yang sama yaitu frekuensi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada bulan ini juga kita dapata belajar untuk sabar, dimana kita harus sabar untuk menunggu sambil menahan haus, lapar dan hal-hal yang membatalkannya.

Dalam bulan Ramadhan kita juga diajarkan untuk menjauhi perbuatan yang sia-sia. Karena baik Allah SWT. dan Rasulullah SAW menganjurkan bahkan mewajibkan kita untuk mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal bermanfaat seperti tillawah Al-Qur’an, banyak-banyak taubat, dan juga menahan dari melakukan hal-hal yang mungkar. Selain kesabaran, puasa juga memiliki manfaat kesehatan, dimana dengan berpuasa kita telah membentu sistem pencernaan untuk beristirahat. Maka dari itu, mari optimalkan bulan Ramadhan dan kita dapat memiliki pribadi muslim sejati darinya. (hal).

RELATED ARTIKEL