MAI Kembali Meresmikan RSM MAI di Yogyakarta

Peresmian Rumah Sehat Mandiri Yogyakarta Oleh Direktur Mandiri Amal Insani Foundation

MAINews, Yogyakarta-Satu lagi persembahan dari Mandiri Amal Insani (MAI) di bidang kesehatan. MAI meresmikan Rumah Sehat Mandiri yang berlokasi di Jl. Prof. Dr.  Sardjito No. 07 B, Yogyakarta, Sabtu, (2/2/2019).

Rumah Sehat Mandiri (RSM) adalah tempat tinggal sementara bagi pasien dan keluarga pasien berasal dari luar Yogyakarta yang sedang mengikhtiarkan kesehatannnya berobat di RS Sardjito sehingga pasien dan keluarganya mendapat tempat tinggal yang layak selagi melakukan pengobatan.

Direktur MAI Foundation Abdul Ghofur dalam sambutannya menyampaikan bahwa inisiasi mendirikan RSM di Yogyakarta adalah karena banyaknya pasien dhuafa yang menderita penyakit kanker, tumor dll yang datang dari berbagai wilayah. Tentunya, lamanya proses pengobatan dan pemulihan membuat pasien dan keluarga pasien harus berlama-lama di Yogyakarta.

“Sementara biaya hidup di Yogyakarta itu mahal bagi kaum dhuafa. Apalagi terkadang ada obat yang belum bisa tercover BPJS. RSM bisa menjadi alternatif lain agar beban saudara kita yang membutuhkan bebannya sedikit berkurang,” Ujar Abdul Ghofur.

Yang menjadi syarat utama menjadi penghuni RSM diantaranya penerima manfaat harus melampirkan fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, Rekam Medis, Surat Keterangan Tidak Mampu, fotokopi BPJS kelas 3 dan mengisi formulir. selama tinggal di RSM, pasien akan dibekali dengan bimbingan agama dan cara hidup sehat. Bahkan, MAI juga menyediakan makanan sehari-hari, sehingga pasien fokus pada penyembuhan.

Jika ditilik dari perjalanan sejarahnya, MAI yang memulai program adanya RSM sejak tahun 2017 sudah banyak berkiprah dalam bidang kesehatan dimana saat ini sudah memiliki 3 Rumah Sehat Mandiri; yang terletak di RSM untuk pasien rujukan RS Pusat Jantung Harapan Kita Jakarta, RSM untuk pasien rujukan RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, RSM untuk pasien rujukan RS Hasan Sadikin Bandung MAI juga semakin melebarkan sayapnya di Semarang, yang akan di resmikan pada Minggu 3/2/2019 esok.

“Mandiri Amal Insani adalah sebuah lembaga amil zakat yang berkantor pusat di Jakarta. Tugas kami ialah menghimpun ZISWAF dana sosial lainnya dari masyaralat. Oleh karena itu, fasilitas yang ada di RSM harus dijaga sebaik mungkin karena ini merupakan amanah dari para donatur MAI Foundation untuk menolong saudara kita yang membutuhkan,” Pungkas Ghofur.

Oleh karena itu, peresmian serta pemeliharaan kesehatan sudah merupakan suatu kewajiban kita yang harus ditingkatkan secara berkesinambungan, diantaranya melalui penambahan rumah sehat yang dibantu oleh masyarakat itu sendiri serta didasari dengan menjunjung tinggi kebersamaan untuk saling peduli sesama. (hal)

RELATED ARTIKEL