Pasar Gedebage Bandung Kebakaran

kebakaran

 

 

Peristiwa kebakaran kembali melanda Pasar Gedebage di Jalan Sukarno-Hatta, Kelurahan Mekar Mulya Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Senin (3/9) petang. Belum genap dua bulan sejak kebakaran sebelumnya pada 15 Juli 2018 lalu, kebakaran kembali melanda pasar yang berada di wilayah Bandung Timur ini.

Api melalap sejumlah kios yang berada di Pasar Gedebage. Material bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu membuat api dengan cepat menjalar ke bangunan lainnya.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Sihar Pandapotan mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 16.55 WIB. Begitu mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung ke lokasi.

“Objek yang terbakar Pasar Gedebage di bagian Timur los daging dan Los 6. Bagian yang terbakar kurang lebih ada 50 kios seluas 600 meter persegi (Luas per kios jongko sekitar 3 x 4 meter),” ujar Sihar kepada Merdeka Bandung.

Dari keterangan saksi mata, Juma Sulaeman (60) api terlihat sejak pukul 16.00 WIB. Api diduga bermula dari pembakaran sampah. Kemudian saksi melaporkan kejadian ke Emergency Call 022-113.

Untuk memadamkan api, tim dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menurunkan 17 unit mobil yang terdiri dari 7 Unit Pancar Mako Pusat, 1 Unit Water Tanker, 2 Unit Pancar UPT Timur, 1 Unit Pancar UPT Selatan, 2 Unit Rescue dan 4 Unit Komando.

Setelah tiba di lokasi petugas melakukan pemadaman secara menyeluruh pada area yang terbakar, melakukan penyekatan dari blok ke blok area kios, dilanjutkan dengan pendinginan. Berkat kesigapan petugas Damkar, ada sejumlah bangunan seperti Los sembako bahan makanan, Los 1 sampai dengan Los 4 dan Los Auning eceran berhasil diselamatkan. Sihar memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.  Adapun untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

“Tidak ada korban dalam kejadian ini. Untuk penyebabnya¬† masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kejadian kebakaran di Pasar Gedenage ini bukanlah pertama kali terjadi. Kebakaran sebelumnya terjadi pada Minggu 15 Juli 2018 dinihari lalu. Dalam peristiwa kebakaran itu tercatat sebanyak 116 unit kios dan 170 lapak pedagang kali lima (PKL)  di los sayuran dan keringan hangus dilalap si jago merah.

RELATED ARTIKEL