MAI Sebar Sehat di Kalimantan Dengan Layanan Kesehatan Keliling

MAINews, Banjarmasin – Masih bagian dari pelantikan pengurus serta pengenalan brand kepada masyarakat setempat, Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation Kalimantan mengadakan Layanan Kesehatan Keliling (LKK) di Desa Simpang Warga Dalam, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis, (16/11/2017).

Sebanyak 4 orang dokter dan 4 orang perawat bertugas pada LKK kali ini. Mereka menangani sekitar 210 pasien yang sudah mendaftar. Kebanyakan dari pasien mengeluhkan penyakit seperti hipertensi, gatal-gatal serta pusing-pusing. Turut menyaksikan ada Pejabat Desa setempat dan Polsek Aluh-Aluh.

layanan kesehatan kelilingMenurut Mansur, LKK seperti ini jarang diadakan. Warga kesulitan mengakses kesehatan. Mereka harus menempuh perjalanan sepanjang 4km menuju puskesmas terdekat. Selain itu, akses menuju rumah sakit pun sangat jauh. Bahkan, BPJS belum masuk ke desa tersebut.

“Bersyukur ada kegiatan seperti ini. Warga di sini pendapatannya dari tani. Sekali panen saja. Ibu-ibunya mengupas udang,” tutur Mansur.

Tak hanya Mansur yang merasakan manfaat LKK ini. Sugiano (39 tahun) itu kesehariannya bekerja sebagai nelayan. Ia sering mengeluhkan kondisi tangannya yang sering kesemutan. Begitu juga dengan Darmansah (49 tahun). Lelaki yang bekerja sebagai petani itu sering mengalami pusing-pusing dan batuk-batuk.

“Terima kasih Mandiri Amal Insani. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami semua,” seru Darmansyah dengan wajah bahagia.

 

 

RELATED ARTIKEL