MAI Foundation Gelar Public Training Untuk Para Guru di Magelang

public training mai foundation

 MAINews, Magelang – Mandiri Amal Insani Foundation (MAI) bekerjasama dengan  Festival Trainer Nusantara (FTN) binaan Jamil Azzaini dan didukung oleh Taman Wisata Borobudur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Kementrian Agama Kabupaten Magelang dan beberapa pihak lainnya, menyelenggarakan kegiatan Launching Buku, Public Training dan Talk Show dengan tema Sekolah Tuntas Sekolah Berkualitas pada Minggu, (7/1/2018) di Gedung KPRI Sinar Dwija Borobudur, Jalan Balaputra Dewa Km 1 Brojonalan, Magelang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy menuturkan bahwa kualitas guru menentukan nasib bangsa. Maka guru dan tenaga pendidik memiliki tanggung jawab besar bagi anak-anak Indonesia. Menurut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemdikbud, Sumarna Surapranata di kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (20/12).

“Salah satu prioritas, yaitu kualitas guru. Salah satunya kompetensi guru. Ia menyebut, berdasarkan hasil penilaian pada 2015, pemerintah perlu meningkatkan kualitas guru. Sebab, rerata guru hanya mencapai 55,6 sementara rerata standar yang diharapkan 6,0,” ungkapnya.

Pentingnya pendidikan menjadi perhatian MAI dalam menjalankan program pemberdayaan dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu, program-program pembinaan sekolah, bantuan insentif guru, beasiswa, serta pelatihan guru sering dilakukan oleh MAI sejak tahun 2015 lalu. Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk nyata kepedulian MAI terhadap pendidikan Indonesia pada umumnya dan kabupaten Magelang khususnya.

“Pendidikan menjadi prioritas kami. Di tahun ini, sudah ada 3 sekolah yang sedang mendapatkan pembinaan intensif Sekolah Berdaya Mandiri yang menitikberatkan pada empat hal yaitu: manajemen sekolah, kualitas guru, prestasi sekolah dan kemandirian sekolah,” papar Ghofur.

Ketiga sekolah yang dimaksud Abdul Ghofur antara lain: MI Al Bayan Mandiri Kabupaten Bogor, MI Ma’arif Kenalan Borobudur dan SD Muhammadiyah Candirejo Borobudur.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi positif dari Kementrian Agama Kabupaten Magelang yang diwakili oleh Drs. Khudaifah, M.Pd.I selaku Kepala Kantor Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang yang diwakili oleh  Haryono MPd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Apresiasi itu diberikan atas kiprah MAI Foundation yang selama ini memfasilitasi peningkatan kualitas para guru di wilayahnya.

Kegiatan ini akan dihadiri  500 guru  dari kabupaten Magelang dengan menghadirkan para talent nasional, seperti : Pipiet Senja (penulis dan Coach Kepenulisan), Abdul Ghofur (Direktur MAI Foundation), Zainal Umuri (Penulis buku Bukan Guru Oemar Bakrie, Best Seller Gramedia, Konsultan Pendidikan Nasional), Nisaul Fadlilah Equeena (Penulis Cerpen KETIKA, juara nasional menulis Olimpiade Literasi Nasional 2017 & juara story telling kota Bogor),  siswa dan guru penulis buku kumpulan puisi Guruku Tersayang (MI Al Bayan Mandiri & MI Ma’arif Kenalan, sekolah binaan MAI Foundation) yang akan dipandu oleh host Putri Ardila Mounda (Putri Pariwisata Depok dan 1st Hijab Hunt Depok).

RELATED ARTIKEL