MAI Foundation Berkolaborasi Dengan LAZ Harapan Dhuafa Membangun Desa Mandiri di Lebak Banten

 

MAINews – Kamis, (09/07/2020) Lebak Banten. Mandiri Amal Insani bersama LAZ Harfa melakukan kunjungan ke Lebak Banten untuk meninjau program Desa Mandiri. Program Desa Mandiri merupakan desa yang digagas oleh MAI Foundation yang berkolaborasi dengan LAZ Harfa. Yaitu dengan melakukan kegiatan layanan kesehatan, dimana masyarakat diberikan edukasi, sosialisasi serta pendampingan terkait kesehatan secara berkesinambungan.

Selain program tersebut terdapat juga program yang betujuan untuk membangun kemandirian ekonomi dan miningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat dengan dibentuk Kelompok Keuangan Mikro. Serta ada juga program pembangunan dan perbaikan saluran pembuangan limbah. Program Desan Mandiri terletak di Lebak Banten yang terdiri dari beberapa kampung atau desa yakni kampung cimerak, kampung cimereme, kampung cisape dan kampung cimurutu.

 

Dalam kunjungan kali ini Tim Mandiri Amal Insani dihadiri oleh Bapak Erwin Setiawan sebagai Direktur dan Saudara A. Amirudin Mukhlas sebagai Staf Pengumpulan serta dihadiri pula Ibu Indah Prihanande selaku Direktur LAZ Harapan Dhuafa.

Erwin Setiawan selaku direktur utama MAI mengatakan program Desa Mandiri yang bekerjasama dengan LAZ Harapan Dhuafa, ia berharap program yang diinisiasi ini bisa memberikan banyak manfaat dan tepat sasaran serta membawa perubahan yang lebih baik di masyarakat.

“Kami telah menginisiasi desa mandiri bersama LAZ Harfa kurang lebih 1 tahun ini. Hari ini ada kegiatan CLTS dimana masyarakat diberikan edukasi untuk hidup sehat dengan menerapkan sanitasi yang baik, karena itu adalah pintu kemandirian. Alhamdulillah, sekarang ada perubahan perilaku masyarakat yang dibarengi dengan perubahan tingkat kesejahteraan masyarakat,” katanya.

“Sebelum ada MCK & SAB ini biasanya kalau mau buang air besar (BAB) atau mau ngambil air jauh hampir 1 km, ini juga yang jadi salah satu penyebab kebiasaan BABS, tapi sekarang Alhamdulillah sekarang kalau mau ambil air bersih sudah dekat di depan rumah. Terimakasih MAI dan Harfa,” ujar Yanti warga Desa Cisumur

RELATED ARTIKEL