Lebih Baik Sedekah Rahasia atau Terang-terangan?

Menurut Sahabat MAI lebih baik sedekah rahasia atau terang-terangan?

Ada yang beranggapan lebih baik terang-terangan supaya memotivasi orang lain untuk ikut sedekah. Ada juga yang beranggapan lebih baik sembunyi-sembunyi supaya lebih ikhlas di hati.

Mari kita lihat, sebenarnya menurut Allah lebih baik sedekah yang seperti apa:

Allah berfirman dalam Quran Surah Al Baqarah ayat 271, “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Ayat di atas memperlihatkan bahwa kedua tipe sedekah sama-sama dipuji oleh Allah. Namun ternyata menyembunyikan sedekah lebih baik bagi diri kita sendiri. Ada tambahan bonus jika kita mampu menahan diri untuk tidak memperlihatkan sedekah yang kita keluarkan. Bonusnya yaitu Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan.

Lalu, kalau mau menampakkan sedekah yang kita berikan, bolehkah?

Boleh boleh saja, apalagi kalau ada yang mengikuti kebaikan yang kita lakukan. Maka kita akan mendapatkan pahala sedekah mereka juga.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa memulai suatu sunnah yang baik dalam Islam, maka ia mendapatkan pahalanya dan pahala orang-orang yang mengikutinya.” (HR. Muslim)

Sahabat MAI tipe yang mana nih? (SH)

 

RELATED ARTIKEL