Keutamaan Orang Berilmu

Sahabat MAI, kepergian salah seorang ahli ilmu bisa membuat satu negara berduka. Demikianlah kenyataan yang kita lihat sendiri saat ini.

Mengapa bisa terjadi demikian? Rupanya Allah memang mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan, di antara manusia yang lainnya.

“Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat.”
(Q.S Al-Mujadalah ayat 11)

Oleh sebab itu, sebagai muslim sudah sepatutnya kita ‘lapar’ terhadap ilmu. Haus terhadap pengetahuan. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa mempelajari satu ayat dari ayat Allah lebih baik dari mengerjakan shalat 100 rakaat, ini menunjukkan keutamaan orang berilmu dibandingkan yang sekadar ahli ibadah tanpa memiliki ilmu.

“Wahai Abu Zar, keluarmu dari rumah pada pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah, itu lebih baik dari pada engkau mengerjakan sholat seratus rakaat.” (HR.Ibnu Majah)

Bahkan oleh Allah, orang-orang yang mencari ilmu sama dengan pejuang jihad fi Sabilillah, yang seandainya dalam perjalanan tersebut ia meninggal… Maka ia meninggal dunia di jalan Allah.

”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)

Tidak hanya di dunia, di akhirat pun Allah memberi banyak kebaikan untuk orang-orang yang berilmu.

“Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR Muslim)

Terakhir, sikap kita memuliakan orang yang berilmu termasuk guru kita, merupakan salah satu perbuatan yang membuktikan bahwa kita mengagungkan Allah.

“Termasuk mengagungkan Allah ialah mengormati (memuliakan) ilmu, para ulama, orang tua yang muslim dan para pengemban Al-Qur’an dan ahlinya, serta penguasa yang adil (Abu Dawud, dan al-Thusiy)

Semoga kita menjadi salah satu hamba Allah yang cinta ilmu dan selamat di dunia akhirat karena memiliki ilmu. (SH)

RELATED ARTIKEL