Ini Lho yang Dimaksud Wakaf Produktif

Sahabat MAI tentunya sudah tahu apa itu wakaf, yakni amalan sedekah jariyah dengan cara menahan suatu benda/objek wakaf untuk diambil manfaatnya. Nah, bagaimana dengan wakaf produktif? Sudah tahukah apa yang dimaksud dengan wakaf produktif?

“Di Indonesia kebanyakan wakaf itu tidak produktif atau statis, misalnya masjid atau kuburan, memang tidak apa-apa… Tetapi kalau kita lihat di Mesir atau negara lain, mereka sudah banyak memakai konsep wakaf produktif, objek wakafnya dikomersialkan… Hasilnya itulah yang dibagikan untuk dhuafa dan sebagainya,” ungkap Tedi Nurhikmat, ketua Yayasan MAI Foundation.

Wakaf produktif berarti adanya produktivitas dari barang/tanah/bangunan yang diwakafkan tersebut. Sebagai contoh di Turki, Direktoral jenderal wakafnya membuat pelayanan kesehatan melalui wakaf-wakaf rumah sakit.

Salah satu di antaranya adalah rumah sakit yang didirikan pada tahun 1843 di Istanbul. Saat ini rumah sakit tersebut menjadi rumah sakit modern di Istanbul yang memiliki 1.425 tempat tidur, dan kurang lebih 400 dokter, perawat dan staf.

Wakaf di Saudi Arabia bentuknya lebih bermacam-macam: Hotel, toko, kebun, bangunan rumah untuk penduduk dan lainnya.

”Di wakaf produktif tidak ada yang mubazir. Saat ini kan banyak wakaf masjid yang terbengkalai karena pengurus wakafnya meninggal dunia, nah pada wakaf produktif jika tidak ada yang mengurus akan diambil dewan wakaf,” pungkas Tedi Nurhikmat.

Ingin harta Anda berbunga dan bisa dinikmati hingga tutup usia? Ikuti program wakaf produktif MAI Foundation!

Save nomor rekening ini: 0700005385526 A.n Mandiri Amal Insani (SH)

RELATED ARTIKEL