Hakikat Ujian Bagi Manusia

                                                      Sumber: http://www.salamdakwah.com/

Segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan hasil penciptaan dari Allah Yang Maha Kuasa. Salah satunya yaitu manusia. Manusia merupakan hasil penciptaan dari Allah SWT yang memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh makhluk apapun. Contohnya saja di dunia ini, manusia memiliki keistimewaan melebihi hewan, dimana manusia diberikan akal untuk menjalani kehidupannya di dunia. Sedangkan hewan hanya diberikan insting saja. Manusiapun diistimewakan oleh Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi ini, selain itu juga untuk beribadah kepada Allah SWT Sebagaimana dalam firman Allah SWT,

“Dan tidaklah Aku menciptakan Jin dan Manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku” (QS. Adz-Zariyat: 56).

Dalam menjalankan hidupnya, manusia tidak terlepas dari berbagai macam ujian dan cobaan. Ujian tersebut dapat berbentuk masalah ekonomi, kematian anggota keluarga, bencana alam. Tapi tahukah kita bahwa ujian sendiri merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada ciptaan-Nya. Dimana ujian ini merupakan salah satu jalan untuk kita naik kelas dalam kelas kehidupan yang ada. Karena sulit atau tidaknya level dari ujian seseorang ditentukan oleh keimanan yang mereka miliki. Semakin tinggi iman seseorang maka tidak dapat dipungkiri akan semakin sulit level ujian yang akan dihadapinya, dan begitupun sebaliknya.

Rasulullah Saw. dalam menjalankan dakwah dan mensyiarkan islampun tidak luput dari ujian yang Allah SWT berikan. Dapat kita lihat, dalam dakwahnya Rasulullah SAW. bahkan sampai dianggap sebagai orang gila dan mendapatkan perlakuan tidak baik dari kaum kafir. Dalam menghadapi ujian hidup maka kita harus memahami bahwa Allah dalam memberikan ujian kepada manusia pun tidak akan melebihi kemampuannya. Dan hal ini telah secara eksplisit Allah SWT terangkan dalam firmanNya yaitu,

\“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya….” (QS. Al-Baqarah: 286)

\Setiap ujian pasti ada jawabannya. Dan jawaban ini telah Allah SWT jelaskan dalam Al-Qur’an yang merupakan mukjizat terbesar Rasulullah SAW. Hal pertama yang Alqur’an jelaskan mengenai cara mengatasi masalah yaitu dengan meyakini bahwa apa yang ada di langit dan di bumi merupakan milik Allah SWT dan akan kembali kepada-Nya (QS. Ali Imran: 109). Lalu kunci mengatasi ujian selanjutnya yaitu sabar dan shalat (QS. Al-Baqarah: 45). Terakhir yang dapat kita jadikan solusi yaitu dengan ikhtiar dan juga berserah diri pada Allah SWT (QS. Ar-Ra’d: 11). Dengan melakukan anjuran-anjuran yang ada dalam Al-Qur’an, insyaAllah hati dan raga kita akan siap untuk menghadapi dan mengatasi ujian dari Allah SWT . (hal).

RELATED ARTIKEL