Demi Kualitas Pendidikan, MI Al Bayan Mandiri Lakukan Visitasi Akreditasi

MAINews, Bogor – Akreditasi bagi sebuah sekolah sangat penting dilakukan. Akreditasi ini bisa dijadikan alat ukur sudah sejauh mana mutu dan kualitas pendidikan di suatu sekolah. Tak terkecuali MI Al Bayan Mandiri. Sejak hari Rabu – Kamis, (5-6/9/2018), MI Al Bayan Mandiri melakukan kegiatan Visitasi Akreditasi oleh BAN S/M Provinsi Jawa Barat.

Hari pertama Visitasi Akreditasi, dilakukan penilaian terhadap dokumen-dokumen 8 standar. Di hari kedua, dilakukan penilaian terhadap kegiatan belajar mengajar di kelas, kegiatan ekskul, dan sarana.

“Alhamdulillah Pak A. Zaenal M dari Dinas Pendidikan Cianjur dan Ibu Nuryati dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi sangat terkesan dengan MI Al Bayan Mandiri. Mereka berdua adalah asesor yang ditugaskan BAN S/M Provinsi Jawa Barat untuk mengakreditasi MI Al Bayan,” ungkap Ade Sopian, Kepala Sekolah MI Al Bayan Mandiri.

Menurut Ade, ada rasa terkesan ketika kedua asesor tersebut mengunjungi sekolah. Mereka masuk ke area sekolah disambut sambutan hangat dan ramah dari semua guru dan murid. Mereka juga terkesan dengan melihat sarana dan prasarana yang tertata rapi dan bersih.

MI Al Bayan Mandiri memiliki capaian-capaian prestasi yang sudah diraih. Diantaranya sudah pernah membuat buku kumpulan puisi cinta untuk guru, selalu membuat media pembelajaran saat mengajar, pernah menampilkan kreasi seni kasidah dan tari daerah di TV, dll. Capaian tersebut, Ade meyakini menjadi nilai tambah sekolah.

Setidaknya, dari kegiatan Visitasi Akreditasi ini, Ade memiliki 3 (tiga) harapan: pertama, akreditasi dilaksanakan seobjektif mungkin, maksudnya yang sudah baik sampaikan baik dan yang masih kurang sampaikan kurang agar menjadi bahan perbaikan. Yang kedua, kegiatan akreditasi ini mudah-mudahan bisa lebih meningkatkan motivasi guru untuk terus bersemangat memberikan pelayanan terbaik agar mutu dan kualitas sekolah tetap terjaga.

“Dan yang ketiga tentu kita mengharapkan hasil akreditasi tahun ini nilainya baik, dan diakreditasi berikutnya kita bisa menaikan level nilai yang lebih tinggi lagi,” ungkap Ade.

Saat ini MI Al Bayan memiliki 147 siswa, 10 orang guru, dan 3 ekskul yaitu kosidah, paskibra, dan pramuka. Selain ekskul ada juga program kekhasan seperti tahfidz qur’an, dhuha, dan muhadhoroh.

RELATED ARTIKEL