Berada di Titik Pasrah, Bantuan MAI Foundation Datang

Desa Kenalan, Bantuan Dana, Al Ma'arifMagelang –  MAI Foundation memberikan bantuan dana kepada MI Al Ma’arif sebesar Rp. 133.280.000,-, Jumat, (21/4/2017). Bantuan tersebut meliputi: tunjangan honor 11 guru sebesar Rp. 52.800.000,- untuk 1 tahun, bantuan tas sekolah sebesar Rp. 4.480.000,-, perbaikan gedung sekolah sebesar Rp. 70.000.000,-, dan perapian mushola warga sebesar Rp. 6.000.000,-

MI Al Ma’arif adalah salah satu madrasah ibtidaiyah yang berlokasi di Desa Kenalan, Kec. Borobudur, Kab. Magelang. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1968 di atas tanah wakaf seluas 870 meter dan luas bangunan 432 meter tersebut memiliki 64 murid dengan 10 orang guru.

Sebelum memutuskan akan menggulirkan bantuan, terlebih dahulu MAI Foundation melakukan survey sekitar dua minggu yang lalu, Rabu, (5/4/2017). Dari hasil survey tersebut, MAI Foundation menerima laporan tentang kondisi madrasah yang sudah rusak. Selain itu, lokasinya juga jauh karena berada di tengah perbukitan.

Selain kondisi fisik yang tidak layak, ternyata, gaji gurunya juga belum layak dan belum sesuai dengan Upah Minimun Provinsi (UMP) Kab. Magelang sebesar Rp. 1.570.000,-. Gaji yang mereka terima berasal dari dana BOS yang dihitung dari jumlah murid sebanyak 64 anak x Rp 800.000,-/tahun, diambil biaya gaji guru sebesar 25% setahun, sisanya dipakai untuk biaya operasional sekolah. Setelah dihitung, gaji guru yang diterima hanya sebesar Rp. 250.000,- per bulan yang terkadang diterima setiap 3 bulan sekali.

Mendapati kenyataan demikian, MAI Foundation melakukan skoring kelayakan apakah akan dibantu atau tidak. Setelah itu, MAI Foundation memutuskan untuk melakukan bantuan.

Sulasman, S. Pd selaku Kepala Sekolah MI Al Ma’arif, mengaku bahwa mereka sudah lama menanti bantuan ini. Hingga sampai di titik pasrah, MAI Foundation datang membantu.

“Terima kasih kepada donatur atas dana zakat, infak, dan wakaf yang telah diamanahkan melalui MAI Foundation,” ucapnya.

Selaku General Manager MAI Foundation, Abdul Ghofur berharap  agar bantuan ini bisa menambah kualitas belajar mengajar para guru, meningkatkan prestasi siswa serta lebih baik semangat kerjanya  dibanding tahun sebelumnya. “Jangan lupa doakan juga para donatur dan kami (MAI Foundation) untuk bisa lebih baik dan bermanfaar untuk banyak orang,” tambah Ghofur. (MAI Foundation/Riana)

 

 

RELATED ARTIKEL