Ajak Guru Gemar Menulis, MAI Foundation Mendapat Apresiasi Kemenag dan Dinas Pendidikan Magelang 

MAINews, Borobudur – Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation mendapat apresiasi positif dari Kementrian Agama Kabupaten Magelang yang diwakili oleh Drs. Khudaifah, M.Pd.I selaku Kepala Kantor Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang yang diwakili oleh  Haryono MPd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada Minggu, (07/01/2018) dalam acara Public Training, Launching Buku dan Talkshow dengan tema “Sekolah Tuntas Sekolah Berkualitas” yang dihadiri sekitar 462 peserta kemarin. Apresiasi itu diberikan atas kiprah MAI Foundation yang selama ini memfasilitasi peningkatan kualitas para guru di wilayahnya.

Guru merupakan ujung tombak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Rendahnya literasi di Indonesia, menuntut para guru harus kreatif dalam meningkatkan literasi peserta didik, bahkan dirinya. Beberapa kasus, sayangnya para guru masih perlu pembinaan dan bimbingan intensif untuk meningkatkan kualitas literasi.

“Salah satu kekurangan para guru adalah lemah dalah hal tulis menulis,” aku Khudaifah.

Menyikapi hal tersebut, Direktur MAI Foundation, Abdul Ghofur menjelaskan bahwa saat ini MAI telah banyak melaksanakan pelatihan guru di  Indonesia. MAI sendiri sekarang memiliki tiga sekolah binaan. Sekolah itu diantaranya: MI Al Bayan Mandiri di Bogor, MI Al Ma’arif di Kenalan Borobudur dan SD Muhammadiyah di Candirejo. Pendampingan tersebut dalam rangka sebagai sarana peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

Pendampingan dilakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Mulai dari sekolah itu sendiri, orang tua murid, para guru, hingga instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kanwil Kementrian Agama setempat. Pendampingan untuk meningkatkan kualitas sekolah itu akan kami jalankan selama dua tahun.

“Jadi, bukan kami semata memberikan tetapi ada timbal balik sehingga ada partisipasi dari mereka yang menerima,” ujar Ghofur.

Senada dengan Kepala Kantor Kementrian Agama, Haryono MPd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang menjelaskan betapa pentingnya menguasai kemampuan menulis. Bagi guru, pangkat dan golongan berhenti pada golongan IVa. Untuk lanjut ke IVb itu diberlakukan persyaratan mengirimkan karya tulis.

“Hal ini seringkali menjadi hambatan para guru untuk meningkatkan pangkat mereka. Untuk itu, kami mengapreasiasi Mandiri Amal Insani yang menggelar acara ini,” imbuh Haryono.

Atas pendampingan yang MAI lakukan selama ini, Kepala Sekolah MI Ma’arif Kenalan, Sulasman, MPd mengaku sangat mengena.

“Selain bantuan infrastruktur berupa pembangunan salah satu ruang kelas, MAI juga mendampingi saat kami menyusun renstra sekolah, juga hal lainnya. Proses belajar mengajar jadi lebih menyenangkan.”

 

RELATED ARTIKEL