42.393 anak Biak mendapat layanan vaksin MRP

 

vaksin mrp

Sebanyak 42.393 anak sekolah di Kabupaten Biak Numfor, Papua telah mendapat layanan imunisasi vaksin Measle-Rubella dan Polio (MRP).

“Biak berada di peringkat lima dari 29 kabupaten/kota pencapaian vaksin MRP sebesar 103,73 persen, atas keberhasilan ini Dinkes Biak mendapat penghargaan dari Nila F Moeloek,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Ruslan Epid di Biak, Senin, (5/11/2018).

Ia mengatakan pemberian vaksin MRP kepada anak Biak untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella dan polio.

Layanan vaksinasi MRP, bagian dari program wajib kesehatan secara nasional yang disediakan pemerintah Indonesia, untuk diberikan kepada semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun.

“Imunisasi MRP masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia sembilan bulan, 18 bulan, dan siswa sekolah usia 15 tahun,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Biak Kota Rewang Naftali mengakui pencapian pemberian vaksin MRP di wilayah Biak Kota sudah merata kepada anak sekolah dan bayi usia sembilan bulan.

“Keberhasilan Puskesmas Biak Kota memberkan layanan vaksin MRP karena adanya partisipasi guru, orang tua dan masyarakat di berbagai kampung/kelurahan,”ujar Kepala Puskesmas Biak Kota Rewang Naftali.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan menargetkan pencapaian Nasional program vaksin MR tahun 2018 sebesar 85 persen dari 70 juta anak.

RELATED ARTIKEL