10 Amalan Utama Selama Ramadhan

Waktu berlalu begitu cepat tanpa disadari kurang dari 2 bulan lagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan. Ramadhan bagai tamu yang spesial dimana hanya datang sebulan dalam setahun. Disamping itu banyak keutamaan berbuat amal kebaikan karena akan dilipatgandakan pahalanya. Jadi tak heran banyak dari sebagian kaum muslim yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Seperti yang akan dibahas disini, inilah 10 amalan utama untuk menyambut Ramadhan yang merujuk pada Al-Hadits :

  1. Melakukan Puasa Ramadhan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, Muslim, dll).
  1. Menunaikan shalat malam atau shalat Tarawih. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa melakukan qiyam (shalat malam) Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).
  1. Melakukan sedekah rutin.“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).
  1. Memperbanyak tilawah Quran.“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).
  1. Umrah pada bulan Ramadhan.“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).
  1. I’tikdaf di masjid. Dari Aisyah Ra :“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian isteri-isteri beliau pun beri’tikaf setelah kepergian beliau.” (HR. Bukhari no. 2026 dan Muslim no. 1172).
  1. Beribadah mengharap malam Lailatul Qadar. “Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901).
  1. Bersegera dalam berbuka dan mengakhirkan sahur.“Sahabat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling cepat dalam berbuka puasa dan paling lambat dalam makan sahur.” (Fathul Bari, 4: 199, dikeluarkan oleh ‘Abdur Rozaq dengan sanad shahih kata Ibnu Hajar).
  1. Memperbanyak dzikir dan berdoa.“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).
  1. Membayar zakat fitrah.“Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari segala perkataan yang keji dan buruk yang mereka lakukan dalam mereka berpuasa dan untuk menjadi makanan bagi orang yang miskin” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Itulah 10 amalan utama yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan. Tapi jika bisa dilakukan di hari selain bulan Ramadhan, maka lakukanlah agar saat tiba bulan Ramadhan nanti kita sudah terbiasa melakukan amalan-amalan tersebut. (hal).

RELATED ARTIKEL